BusinessUpdate – Tiket kereta api untuk mudik lebaran, sudah bisa dipesan mulai Selasa (4/2/2025). Penjualan tiket dilakukan secara bertahap sesuai jadwal pemesanan yang telah ditentukan.
“Per hari ini, tiket Lebaran H-10 atau tanggal 21 Maret 2025 sudah dapat dipesan melalui Access by KAI,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba dikutip dari Kompas, Selasa (4/2/2025).
Selain melalui Access by KAI, calon penumpang juga bisa memesan tiket kereta api melalui Online Travel Agent (OTA) yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.
Anne mengimbau agar penumpang tidak membeli tiket melalui pihak-pihak yang membebankan bea yang tidak wajar.
Ia mengingatkan, loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket kereta api secara go show atau mulai dari tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.
Dengan berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, calon penumpang juga diimbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal kereta api.
“KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025,” ujar Anne.
Anne menambahkan, KAI berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi seluruh masyarakat pada momen Lebaran 2025.
Adapun, cara beli tiket kereta api via Access by KAI sebagai berikut:
- Unduh dan buka aplikasi Access by KAI
- Aplikasi akan menampilkan halaman utama
- Login dengan akun yang telah terdaftar. Jika belum punya akun, daftar terlebih dahulu
- Pilih “Antar Kota” untuk kereta jarak jauh atau “Lokal” untuk kereta lokal
- Masukkan stasiun keberangkatan, tujuan, tanggal, dan jumlah penumpang sesuai keinginan
- Tekan tombol “Cari Tiket”
- Halaman aplikasi akan menampilkan berbagai kereta api dan jadwal yang tersedia
- Pilih kereta api sesuai keinginan Mengisi data penumpang dengan benar.
- Setelah itu, klik “Lanjutkan”
- Pastikan data penumpang telah benar, kemudian memilih kursi yang tersedia.
- Jika sudah, klik “Lanjutkan” Memilih metode pembayaran
- Lakukan pembayaran tiket kereta api yang telah dipesan dengan metode yang sudah dipilih.