HomeECONOMICWuling Kaji Peluang Pasarkan Confero Hybrid

Wuling Kaji Peluang Pasarkan Confero Hybrid

BusinessUpdate – Wuling Indonesia sedang melakukan studi terkait peluang menghadirkan mobil Confero versi hybrid. Adapun, Confero adalah model pertama yang dibawa oleh Wuling ke Indonesia. 

President Director PT SGMW Motor Indonesia, Shi Guoyong mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan kelanjutan dari model Confero yang dipasarkan saat ini. Model tersebut tidak pernah mengalami pembaruan sejak pertama kali diluncurkan pada 2017. 

Selain untuk model internal combustion engine (ICE), Wuling sedang melakukan berbagai pertimbangan untuk pengembangan teknologi hybrid pada Confero. Pertimbangan tersebut meliputi sisi mesin, dan juga body mobil. 

Saat ini perseroan, jelas Shi Guoyong, sedang tahap merencanakan dan juga menganalisa peluang tersebut. 

Wuling Confero yang dirilis pada 2017 merupakan model low multipurposes (MPV) berkapasitas tujuh penumpang yang dibanderol mulai dari Rp128,8 juta. Sementara saat ini, harga untuk Confero dipatok Rp185 juta, sedangkan Confero S berkisar Rp207,7 juta sampai Rp232,2 juta. 

Menurutnya, produk-produk yang dihadirkan oleh Wuling terkenal sangat terjangkau untuk masyarakat Indonesia dan merek asal China ini berniat untuk mempertahankan visi tersebut. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Wuling Confero S tercatat mencapai 603 unit sepanjang semester I/2024. Sementara itu, tidak ada penjualan yang tercatat untuk varian terendah dari Confero. 

Di satu sisi, Shi Guoyong menegaskan masih serius untuk menggarap mobil teknologi ICE seiring masih menjadi kendaraan yang dipakai oleh masyarakat, sedangkan pasar mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) masih dalam tahap perkembangan. 

Wuling juga masih berupaya untuk mengembangkan mobil teknologi hybrid, dan juga plug-in hybrid (PHEV) seiring memiliki sistem yang matang untuk melakukannya. 

Sejauh ini juga sudah terdapat tiga BEV yang dipasarkan oleh Wuling Indonesia, yakni Air EV, Binguo EV, dan Cloud EV. Data Gaikindo menunjukkan penjualan BEV dari Wuling secara wholesales mencapai 6.210 unit sepanjang semester I/2024, naik 276% dari 1.651 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Jumlah tersebut sekitar 72,9% dari total penjualan wholesales Wuling sepanjang semester I/2024. Di satu sisi, Wuling mencatatkan penjualan untuk Almaz Hybrid sebanyak 319 unit. (ip/jh.Foto: Dok Wuling)

Must Read