BusinessUpdate – InJourney Hospitality, InJourney Airports dan Sarinah berkolaborasi menggelar pelatihan intensif bertajuk InJourney Hospitality House Batch V dan VI bagi para pelaku wisata di Labuan Bajo, pada pada 18-22 November 2024. Pelatihan itu dilakukan untuk menghadirkan keramahtamahan kelas dunia di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas.
Pgs. Corporate Secretary Group Head InJourney Airports Arie Ahsanurrohim mengatakan pelayanan dan keramahtamahan menjadi salah satu kunci untuk mendukung pertumbuhan pariwisata.
“Kami berharap program InJourney Hospitality House ini dapat bermanfaat bagi pegiat wisata setempat dalam memperkenalkan hospitality khas Indonesia kepada dunia, yang kemudian berdampak positif terhadap pertumbuhan pariwisata,” ujar Arie melalui keterangan di Jakarta, Kamis (28/11/2024).
Pelatihan inovatif dan intensif ini terdiri empat modul pelatihan, yaitu cara diri bersikap dan komunikasi dalam pelayanan (hospitality communication) untuk menunjang pelayanan prima dengan dengan keramahtamahan khas Indonesia.
Terkait hospitality, saat ini InJourney Airports juga tengah menjalankan transformasi dalam pengelolaan bandara untuk menjadi lebih customer-oriented dengan mengedepankan pelayanan terbaik dan keramahtamahan khas Indonesia kepada seluruh pengunjung wisata.
Arie mengatakan InJourney Airports berkomitmen untuk mendukung berbagai program pengembangan pariwisata nasional. Kehadiran InJourney Airports adalah untuk meningkatkan peran bandara dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi termasuk sektor pariwisata nasional. InJourney Airports berupaya menjadikan 37 bandara sebagai wajah kebanggaan bangsa yang memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi para wisatawan.
Sementara itu, Corporate Secretary InJourney Hospitality Amalia Yaksa Parijata menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan momentum pengembangan potensi dan kapabilitas bagi para pelaku wisata di Labuan Bajo.
Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas, pelaku wisata di Labuan Bajo diharapkan bisa menampilkan wajah keramahan untuk menyambut wisatawan dalam maupun luar negeri.
“Semoga dengan pelatihan ini, dapat meningkatkan kualitas, kompetensi, dan skill bagi para pelaku pariwisata secara berkesinambungan yang berkontribusi positif terhadap peningkatan ekosistem pariwisata dan perekonomian Labuan Bajo,” kata Amalia.
Kolaborasi ini menekankan pentingnya investasi dalam sumber daya manusia untuk mendukung pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di Labuan Bajo.
InJourney Hospitality House (IHH) Labuan Bajo 2024 Batch V diselenggarakan pada 18-20 November 2024 di Pusat Layanan Usaha Terpadu Batu Cermin-Labuan Bajo.
Kegiatan ini dihadiri oleh 35 peserta yang terdiri dari berbagai profesi, antara lain pelaku wisata, pemilik Homestay, pelaku UMKM, Tour Guide, Nelayan. Sementara, IHH Batch VI diselenggarakan pada 20-22 November 2024 di Aula Desa Rinca, Pasir Panjang NTT dihadiri oleh 55 peserta. (pa/jh. Foto: Dok. InJourney)