HomeFIGUREDarmawan Prasodjo Sabet Gelar Executive of The Year Tingkat Asia

Darmawan Prasodjo Sabet Gelar Executive of The Year Tingkat Asia

BusinessUpdate – Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dinobatkan menjadi Executive of The Year sektor energi dalam ajang The Asian Management Excellence Awards 2024. 

Penghargaan tingkat Asia yang diselenggarakan Asian Business Review tersebut diberikan atas visi kepemimpinan yang kuat dan kesuksesan Darmawan memimpin transformasi di tubuh PT PLN (Persero). 

Penghargaan ini menjadi penghargaan ke-21 yang diberikan kepada Darmawan Prasodjo atas leadership-nya dalam mengelola bisnis korporasi besar PLN. 

Dengan navigasinya, Darmawan juga sukses membawa Divisi Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN meraih penghargaan Team of The Year. Penyerahan penghargaan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, pada Selasa (23/1/2024). 

Editor Asian Business Review, Simon Hyett mengapresiasi pencapaian PLN yang berhasil meraih dua kategori penghargaan dalam The Asian Management Excellence Awards 2024. Simon mengatakan, ajang ini diadakan untuk memberikan apresiasi kepada individu maupun perusahaan yang visioner dan inovatif serta melakukan inisiatif mutakhir dalam bisnis maupun manajemen. 

“Kita berkumpul di sini untuk memberikan apresiasi kepada para pemimpin visioner yang telah melakukan banyak hal dan menunjukkan dedikasi yang tak tergoyahkan untuk benar-benar membentuk masa depan bisnis. Ajang ini bukan sekedar pengakuan individu dan pencapaian organisasi, tetapi merupakan bukti kekuatan kolaborasi, inovasi, dan tekad,” ujar Simon melalui siaran pers PLN, Jumat (26/1/2024).

Ia berharap penghargaan ini juga dapat memacu semangat dan menginspirasi lahirnya pemimpin yang visioner dan inovatif berikutnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan terima kasih atas dua penghargaan yang diberikan dalam ajang tersebut. Penghargaan ini bisa didapatkan berkat kerja keras seluruh insan PLN dalam melakukan transformasi dalam proses bisnis, sekaligus melakukan transisi energi.

“Penghargaan ini bukan untuk saya sebagai Direktur Utama PLN, tetapi untuk seluruh insan PLN yang telah bekerja keras menjalankan transformasi perusahaan secara menyeluruh untuk terus meningkatkan pelayanan,” ungkap Darmawan.

Dalam tiga tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Darmawan, PLN melakukan transformasi melalui digitalisasi proses bisnis secara end to end. Mengubah proses bisnis yang tadinya statis dan backward looking diubah menjadi dinamis dan forward looking. Upaya ini membuat korporasi mampu beradaptasi menghadapi perubahan zaman dan disrupsi teknologi. Bahkan, PLN mampu meraih 314 penghargaan pada tahun 2022 dan meningkat menjadi 779 penghargaan pada 2023.

Darmawan menekankan inovasi dan efisiensi yang didasarkan pada digitalisasi. Dirinya meringkas, menyederhanakan dan mendigitalisasi proses bisnis. Hasilnya, semua proses bisnis mampu dipantau secara real time. Seluruh kendala maupun tantangan mampu direspons cepat oleh perusahaan sehingga menghasilkan layanan yang lebih cepat bagi sekitar 85 juta pelanggan PLN. (ip/jh. Foto: Dok. PLN)

Must Read