HomeFINANCEInsuranceZurich Indonesia Beberkan Alasan Bayar Klaim Sebesar Rp1,6 Triliun

Zurich Indonesia Beberkan Alasan Bayar Klaim Sebesar Rp1,6 Triliun

BusinessUpdate – Zurich Indonesia mengatakan perseroan telah melakukan pembayaran klaim dari ketiga entitas bisnis perusahaan sepanjang tahun ini hingga Oktober 2024 mencapai hampir Rp1,6 triliun.

“Sebagai asuransi yang memberikan rasa aman untuk seluruh masyarakat Indonesia, per Oktober ini kami memberi pembayaran klaim hampir mencapai Rp1,6 triliun,” kata Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia yang juga Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), di Jakarta, Senin (25/11/2024).

Tingginya pembayaran klaim tersebut tidak terlepas dari pertumbuhan jumlah nasabah perseroan yang mencapai dua digit per September 2024.

“Kami juga mencatatkan peningkatan jumlah nasabah sebesar 17% year-on-year (yoy) pada kuartal ketiga tahun ini, yang menjadi bukti apresiasi masyarakat terhadap komitmen Zurich dalam melayani nasabah sesuai dengan kebutuhannya,” ujarnya.

Edhi mengatakan bahwa kinerja positif perseroan sepanjang tahun ini juga terlihat dari peningkatan pendapatan premi bruto (gross written premium/GWP) tiga entitas bisnis Zurich Indonesia hingga Oktober 2024.

Ketiga entitas bisnis tersebut, yakni PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), dan PT Zurich Topas Life (Zurich Life), masing-masing membukukan kenaikan GWP sebesar 17% yoy, 15% yoy, dan 3% yoy.

Ia menuturkan bahwa angka tersebut lebih baik dari rata-rata industri yang kini cukup stagnan, dengan capaian 9,7% yoy untuk asuransi umum, kurang dari 5% yoy untuk asuransi syariah, serta -0,3% yoy untuk asuransi jiwa per September 2024. “Sepanjang tahun ini, Zurich mencatatkan pertumbuhan positif di ketiga lini bisnis kami berkat inovasi dan kolaborasi,” ucapnya.

Melihat kinerja positif sepanjang 2024 tersebut, Edhi menyatakan bahwa pihaknya optimistis perseroan dapat terus tumbuh dan mengoptimalkan berbagai peluang pada tahun depan.

“Memasuki tahun 2025, kami akan terus berfokus pada inovasi dan kolaborasi yang lebih solid untuk dapat menjawab kebutuhan pasar yang dinamis dan berkembang,” tutupnya. (ip.jh. Foto: Dok. Zurich Indonesia)

Must Read