HomeFIGURESuzy Hutomo Jamin The Body Shop Tetap Eksis di Indonesia

Suzy Hutomo Jamin The Body Shop Tetap Eksis di Indonesia

BusinessUpdate – Bangkrtunya The Body Shop di Amereka Serikat, Kanada dan Inggris sepertinya tak memengaruhi eksistensi The Body Shop Indonesia. Suzy Hutomo, Chief Executive Officer (CEO), menjamin The Body Shop Indonesia akan tetap eksis.

“CEO kami, Suzy Hutomo, menyatakan bahwa The Body Shop akan terus ada untuk Beauty Lovers, dengan selalu mempertahankan nilai-nilai otentik dari Anita Roddick,” jelas The Body Shop Indonesia melalui unggahan di Instagram.  

Sebagai informasi, Suzy Hutomo merupakan pendiri The Body Shop Indonesia, bersama suaminya pada 1992. Ia adalah putri dari pendiri Matahari Department Store, Harry Darmawan.  

Lulusan Administrasi Bisnis di National University of Singapore (NUS) itu membangun The Body Shop Indonesia melalui PT Monica Hijau Lestari, sejalan dengan kegiatannya sebagai seorang aktivis lingkungan.  

Suzy juga pernah menjadi presenter proyek Al Gore’s Climate Reality Project, dan menjabat sebagai anggota di berbagai dewan LSM terkemuka seperti Greenpeace South East Asia sejak 2008, Yayasan KEHATI sejak 2012 sampai sekarang, Yayasan Lensa Masyarakat Nusantara (LMN) sejak 2014, dan Yayasan Kopernik sejak 2016. 

Di bawah tangan dinginnya, saat ini ada 23 cabang The Body Shop Indonesia di Jakarta dan sekitarnya. Dengan status bisnis The Body Shop Indonesia yang saat ini berada di bawah naungan Global Head Franchise, brand kosmetik ini masih mencatat pertumbuhan konsisten, terutama di Asia. Dengan demikian, gerai yang ada di Indonesia beroperasi secara independen, berbeda dengan negara-negara yang dimiliki oleh The Body Shop International Ltd, seperti di Eropa dan Amerika. 

Sebelumnya, perusahaan kosmetik ini telah mengajukan bangkrut dan menutup puluhan tokonya di Kanada. Menyusul penutupan yang lebih dahulu dilakukan di Inggris hingga sekitar 198 toko atau separuh dari yang tersebar di Inggris.  

Dalam pernyataan perusahaan pada awal Maret 2024, The Body Shop juga mengumumkan bahwa anak perusahaannya di AS tidak beroperasi efektif pada 1 Maret 2024. Kemudian, 33 dari 105 toko di Kanada juga akan dilikuidasi.  Selanjutnya penjualan online lewat e-commerce Kanada juga akan berhenti. Meski demikian, sisa toko di Kanada sejauh ini akan tetap buka.  

Jadi jelas ya, ada perbedaan manajemen antara The Body Shop Indonesia dengan The Body Shop yang ada di Inggris, AS dan Kanada.(pa/jh. Foto: IG Suzy Hutmo)

Must Read